Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
mamatth

Kelebihan & Kekurangan Atap Seng Galvalume

October 12 2016 , Written by admin

Kelebihan & Kekurangan Atap Seng Galvalume

Zincalume adalah baja lapis hasil campuran antara Aluminium dan Zinc dengan komposisi 55% Aluminium , 43.5% Zinc dan 1.5% Silicon. Dimana bahan tersebut merupakan buatan PT.BLUESCOPE STEEL INDONESIA yang diolah dengan teknologi modern . Ini menyebabkan logam tersebut mudah di bentuk, berkekuatan tinggi, berumur panjang dan cocok untuk berbagai aplikasi keperluan bagunan dan manufactur. Selain itu, juga menghasilkan permukaan yang bersifat melekat terhadap cat, sehingga memudahkan pengecatan.

Bicara tentang kelebihan dan kekurangan atap seng galvalum, tentu terlebih dahulu kenapa memakai atap yang terbuat dari seng. Jika anda membangun sebuah rumah atau merenovasi bangunan atap rumah anda kemungkinan besar atap yang terbuat dari seng tidak masuk dalam daftar bahan yang akan anda gunakan sebagai atap. Apalagi untuk bangunan komersial dalam skala besar tentu bahan tsb tidak diperhitungkan lagi.

Walau demikian bahan bangunan atap dari seng yang telah lama digunakan sejak tahun 1800 an memang diantaranya masih ada keunggulan terutama kemudahan produksi dan banyak negara terutama negara-negara berkembang bangunan rumah mereka masih banyak menggunakan seng.

Atap seng diproduksi dengan lembaran tipis sehingga ringan sehingga dengan mudah dalam penggunaan dan pemasangannya. Anda dengan mudah mendapatkannya ditoko-toko bangunan sekitar anda. Anda bisa membeli dalam jumlah besar dan juga hanya beberapa lembar ataupun hanya satu lembar saja.
Seng bisa juga dikatakan bahan atap yang cukup lama. Cukup tahan terhadap korosi apalagi kalau seng yang digunakan dicat terlebih dahulu.

Kerugian paling utama adalah seng cukup berisik apalagi kalau hujan tiba. Suara berisik mungkin bisa anda kurangi dengan plafon asbes untuk meredam suara gemuruh hujan. Selain itu panas akan diteruskan kedalam ruangan dibawahnya apabila terik matahari sehingga peran asbes sangat penting untuk menahan panas ketika asbes dipasang pada langit-langit.

Kombinasi atap dengan seng menggunakan kerangka atap yang terbuat dari kayu. Untuk memasang seng tersebut dipaku dengan kayu tsb. Umumnya tukang yang biasa mengerjakan atap bisa mengerjakan atap dengan bahan seng. Pemasangan atap dengan seng bisa dikatakan salah satu pemasangan atap yang paling sederhana.

Umumnya atap seng masih banyak dipakai untuk pergudangan atau tempat-tempat khusus seperti garasi, gudang pada rumah. Walau begitu dipedesaan masih banyak terlihat atap rumah penduduk yang terbuat dari seng. Harga yang murah sering menjadi pilhan utama dalam memilih atap yang terbuat dari seng.

Kebisingan menjadi masalah utama dengan menggunakan atap seng. Untuk itu diperlukan bahan yang kedap suara seperti lapisan asbes dibawahnya terutama ketika hujan turun. Begitu juga asbes sebagai bahan isolasi ketika musim panas.

Asam adalah sumber utama dari korosi seng. Untuk itu rumah-rumah dari atap seng sangat cepat terkorosi apabila dekat dengan pabrik-pabrik yang memproduksi bahan-bahan kimia. Kalau hanya air hujan tidak akan mengikis seng.

Untuk itu sangat perlu pertimbangan dalam memilih atap seng terutama lingkungan sekitar anda.
Pertimbangan lain adalah ketika hujan dan angin yang sangat kencang. Hal ini atap seng bisa tercabut dari rangka kayu.

Tergantung kepada kelebihan dan kekurangan atap seng. Pemilihan atap seng tetap menjadi salah satu pilihan dan sangat tergantung kepada lokasi serta kegunaannya tertutama faktor harga yang murah.


Terlepas daripada itu untuk harga atap baja ringan plus genteng sudah tersedia di toko-toko bangunan sehingga atap seng juga semakin kurang pemakainannya

Share this post

Repost 0
To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post